Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Sofosbuvir Lebih Murah dan Ampuh Sembuhkan Hepatitis C

Kompas.com - 19/08/2015, 10:11 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Obat sofosbuvir telah terbukti ampuh menyembuhkan hepatitis C. Bukti nyata dialami keempat staf Indonesia AIDS Coalition (IAC) yang positif hepatitis C. Keempatnya yaitu Aditya Wardhana, Bani Risset, Ayu Oktariani, dan Hages Budiman.

Mereka mendapatkan Sofosbuvir setelah staf IAC lainnya, Irwandy Widjaja membeli obat tersebut di India. Sebab, obat ini belum tersedia di Indonesia. Obat versi generik tersebut, dibeli secara mandiri melalui bantuan jaringan aktivis ODHA (orang dengan HIV/AIDS). Dengan mengirimkan rekam medis keempat orang rekannya itu, Irwandy dapat membeli sofosbuvir.

"Saya membawa dokumen teman-teman, termasuk resep dokter yang menangani mereka di sini," jelas Irwandy di Jakarta, Selasa (18/8/2015).

Hemoglobin dan fungsi hati mereka normal selama mengonsumsi obat generik tersebut. Kemudian, setelah satu bulan atau 4 minggu dilakukan pengecekan jumlah virus hepatitis C dari masing-masing staf IAC tersebut.

Hasilnya, Aditya yang sebelumnya dengan jumlah virus hepatitis C 1.760.000, berdasarkan hasil tes viral sudah tidak terdeteksi. Ayu dengan jumlah virus hepatitis C 4.800.000, hasil tes viral turun sangat jaut menjadi sekitar 800 kopi. Bani, jumlah virus paling banyak yakni 11.000.000, hasil tes viral loadnya juga tidak terdeteksi. Kemudian, Budiman, dengan jumlah virus hepatitis C sebelumnya 19.600, juga menjadi tidak terdeteksi. Meski demikian, mereka tetap harus menghabiskan obat tersebut selama 6 bulan.

Sayangnya, obat generik sofosbuvir belum bisa diakses masyarakat di Indonesia. Selain lebih ampuh untuk mengatasi virus hepatitis C, obat ini juga jauh lebih murah.

Advocacy & Policy Officer IAC Sindi Putri mengungkapkan, obat yang saat ini digunakan pasien hepatitis C di Indonesia, yaitu Pegylated Interferon. Obat ini tidak terlalu efektif untuk menghilangkan virus hepatitis C dan memiliki efek samping. "Obat hepatitis C yang saat ini digunakan di Indonesia harganya sekitar Rp 80 juta untuk sekali pengobatan," kata Sindi.

Adapun, obat sofosbuvir generik di India, yaitu seharga sekitar Rp 24 juta, termasuk obat Ribarvin, untuk sekali pengobatan. Harga satu botolnya sendiri sekitar Rp 2,6-3,6 juta. Obat sofosbuvir ini pun diharapkan bisa segera didapatkan di Indonesia dan masuk program Jaminan Kesehatan Nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com