Kompas.com - 27/08/2015, 08:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Di dalam tubuh kita, ada pembuluh darah vena dan pembuluh darah arteri. Pembuluh arteri bertugas menyalurkan darah dari jantung ke seluruh tubuh, sementara vena bertugas sebaliknya. Di dalam pembuluh vena, ada katup-katup yang berfungsi mencegah arus balik darah. Jika katup-katup ini rusak atau melemah, terjadilah apa yang kita sebut varises.

Mayoritas varises terjadi  pada kaki. Sejumlah kecil terjadi pada vagina, anus, panggul, rahim dan kerongkongan. Pada wanita, penyebab umum varises adalah kehamilan dan pemakaian sepatu hak tinggi dalam jangka yang lama. Pada wanita hamil, berat janin menekan pembuluh vena panggul yang kemudian menekan juga vena di kaki.

Umumnya, penanganan awal varises bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika perawatan-perawatan seperti di bawah ini tidak berhasil atau tidak berjalan baik, operasi pembedahan dapat menjadi pilihan.

1. Gunakan stoking khusus yang elastis, dari pergelangan kaki sampai atas lutut. Stoking ini bekerja dengan cara memberi tekanan pada vena kaki supaya darah terdorong kembali ke arah jantung. Stoking khusus varises paling baik digunakan pada pagi hari.

2. Angkat kaki ke dinding sehingga mata kaki lebih tinggi dari jantung. Lakukan dua kali sehari masing-masing selama 30 menit.

3. Olahraga penting dalam mengendalikan gejala varises. Otot betis dan paha yang kuat akan membantu memompa darah ke arah jantung. Berenang juga merupakan pilihan ideal karena air dapat memberi tekanan pada vena dengan cara yang sama seperti stoking elastis.

4. Menurunkan berat badan, jika diperlukan, juga akan membantu meringankan gejala dengan mengurangi tekanan pada kaki.

5. Mengenakan pakaian longgar, terutama di sekitar pinggang, paha atas, dan kaki, dapat meringankan varises.

6. Mengenakan sepatu bertumit rendah dapat membantu memperkuat otot betis. Otot betis yang kuat dapat membantu memperlancar aliran darah.

Orang dengan varises perlu merawat kulit mereka dengan saksama karena kulit mereka berpotensi menjadi kering dan gatal. Kondisi ini merupakan efek samping pembengkakan vena. Upayakan tidak menggaruk area yang terasa gatal agar tidak luka dan infeksi. Gunakan pelembap khusus kulit kering, terutama di daerah munculnya varises. 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.