Kompas.com - 07/09/2015, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Gerakan olahraga ternyata tidak hanya efektif untuk menguatkan otot, tetapi juga bisa memicu terjadinya orgasme spontan. Fenomena tersebut disebut juga dengan "coregasm".

Disebut coregasme karena biasanya orgasme spontan terjadi saat kita melakukan latihan pada otot inti (core muscle).

Salah seorang pemain film porno juga mengalami orgasme spontan setiap kali ia melakukan latihan hanging leg raise atau latihan penguat otot perut. Latihan ini dilakukan dengan cara tangan menggelantung, sementara kaki diangkat sejajar.

Debby Herbenick PhD juga pernah melakukan penelitian untuk mengenali fenomena coregasme tersebut. Ternyata, sekitar 10 persen pria dan wanita pernah mengalami orgasme saat berolahraga.

Jenis latihan yang dilakukan antara lain sit-up dan pull-up, angkat beban, memanjat tali, dan juga lari. Salah seorang responden menggambarkan fenomena itu seperti klimaks yang lebih intens dibandingkan saat mereka masturbasi, tetapi tak sehebat ketika melakukannya bersama pasangan.

Yang menarik, coregasm itu ternyata terjadi walau seseorang tidak sedang memikirkan hal-hal seksual ataupun adanya gesekan pada organ genital. Pada pria, juga bisa terjadi orgasme walau penis mereka tidak ereksi.

"Orgasme itu spontan terjadi saat melakukan latihan pada otot perut bagian bawah," kata Herbenick dalam bukunya The Coregasme Workout.

Para ahli menduga orgasme spontan tersebut terjadi karena adanya stimulasi pada bagian tubuh internal, misalnya jalur saraf yang berkaitan dengan orgasme.

Meski tampak menarik, menurut Herbenick, coregasm bukanlah sesuatu yang ingin dicapai saat olahraga, apalagi di tempat umum. "Coregasm juga menyebabkan ejakulasi. Karena itu, jika di tempat umum Anda merasakannya, segeralah hentikan latihan tersebut," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.