Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2015, 20:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Pakar seksologi Emily Nagoski seringkali mendapat pertanyaan mengapa pria lebih mudah mencapai orgasme dibandingkan wanita.

Nagoski mengatakan, untuk menjawab pertanyaan tersebut sangat tergantung pada pemahaman kita pada terjadinya orgasme. Ia menggambarkan mekanisme orgasme itu sebagai "mekanisme kendali ganda" di otak.

Ia mengibaratkan mekanisme tersebut seperti kerja mesin kendaraan. Mekanisme pertama adalah kecepatan (akselerasi) seksual (pedal) yang merespon rangsangan seks dan memberi perintah pada tubuh kita untuk memperbanyak rangsangannya. Yang kedua adalah deselator pelindung seksual yang akan merespon agar tidak sampai berhenti (rem).

"Pria memiliki akselator yang sensitif dan rem yang kurang sensitif. Sementara wanita sebaliknya, remnya lebih sensitif sedangkan akselerasinya kurang sensitif," kata Nagoski.

Cara pria dan wanita mencapai klimaks sangat berbeda, tapi seorang wanita hanya butuh rangsangan sedikit lebih banyak dan juga kenyamanan sebelum mereka mulai sepenuhnya merasakan kenikmatan.

Ada beberapa hal yang bisa membuat rem tadi lebih aktif. Misalnya saja pengalih perhatian, moral, atau ketakutan ada orang lain yang masuk ke kamar.
"Pokoknya semua hal yang merusak kemampuan kita untuk terangsang bisa dianggap sebagai rem," kata penulis buku Come as You Are: The Suprising New Science that Will Transform Your Sex Life ini.

Nah, kaum wanita ternyata lebih mudah terpengaruh sehingga kemampuannya merespon rangsangan seksual jadi berkurang.

"Kuncinya adalah mengenali apa saja yang menjadi rem kita dan cari cara untuk tidak terpengaruh. Terkadang dengan melakukan hal-hal sederhana kita jadi bisa sepenuhnya menikmati aktivitas bercinta," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+