Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dirasakan Pria Ketika Pasangannya Tak Orgasme?

Kompas.com - 01/05/2015, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Orgasme pada wanita lebih berarti bagi pria daripada yang mungkin kita pikirkan. Apa yang dirasakan oleh pria ketika pasangannya tidak memperoleh orgasme? Sebuah penelitian baru dalam Journal of Sex Research menemukan bahwa ketika wanita tidak orgasme saat berhubungan seks, pria merasa tidak memadai.

Peneliti melihat kelompok fokus 45 pria dan wanita, dan menanyai mereka tentang pentingnya orgasme selama hubungan seksual. Salah satu temuan mungkin tidak akan mengejutkan kita, bahwa orgasme pria sendiri adalah kunci untuk menikmati seks. Tapi para pria juga mengatakan bahwa orgasme wanita adalah salah satu pengalaman yang paling memuaskan dalam seksual.

Ketika seorang wanita tidak mencapai klimaksnya, pria mengatakan hal itu sungguh “menyedihkan”.

“Pria merasa memiliki tanggung jawab fisik untuk merangsang pasangan mereka untuk orgasme. Jika hal itu tidak terjadi, maka para pria mungkin mulai mempertanyakan kecakapan seksual mereka,” jelas penulis penelitian Claire Salisbury, MSc., kandidat dokter di bidang psikologi klinis Western University di Ontario.

Para pria dalam penelitian ini adalah usia subur, tapi Salisbury mengatakan pria setengah baya mungkin memiliki perspektif yang berbeda pada orgasme. Ia mengatakan karena pria yang lebih tua mungkin telah mengalami hubungan jangka panjang sehingga lebih berkomunikasi tentang seksual, jadi harapan mereka untuk seks lebih realistis.

Sementara beberapa wanita mempertimbangkan Big O yang sangat penting, sebagian besar wanita dalam penelitian ini mengatakan bahwa kepuasan seksual mereka tidak benar-benar tergantung pada itu.

“Memiliki pemahaman yang lebih baik tentang realitas seksual pasangan akan membantu meningkatkan pengalaman seksual dalam jangka panjang,” kata Salisbury. Secara bersama-sama, maka kita dapat mengetahui teknik yang digunakan untuk membantu sampai di sana, dan itu dapat membantu menurunkan stres. Mungkin saja menyebabkan orgasme yang lebih baik dan lebih lagi.

Satu hal yang tidak boleh dilakukan oleh wanita adalah berpura-pura orgasme. Melakukan hal ini tidak menjaga perasaan pria, yang akhirnya malahan menjadi sebuah penghalang komunikasi antara kita dengan pasangan yang justru tidak akan meningkatkan kompatibilitas seksual kita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com