Kompas.com - 18/09/2015, 10:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS.com - Rutin olahraga merupakan salah satu cara untuk terhindar dari berbagai penyakit. Olahraga membuat tubuh sehat dan bugar, termasuk menyehatkan jantung.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Siska Suridanda Danny mengatakan, olahraga rutin penting dilakukan untuk mencegah penyakit jantung. Namun, pilihlah olahraga aerobik.

"Pilihlah olahraga aerobik. Paling umum kita sarankan jalan atau jogging, bersepeda, berenang," ujar Siska dalam diskusi di Kantor Yayasan Jantung Indonesia, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Siska menjelaskan, olahraga tersebut dapat memicu pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan rasa senang dan menghilangkan stres. Selain itu, olahraga dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Berbeda dengan olahraga yang bersifat kompetitif, seperti futsal, sepak bola, bulu tangkis, dan basket.

Menurut Siska, olahraga tersebut dapat meningkatkan hormon adrenalin dan memperberat kerja jantung. Kerja jantung yang berat bisa berakibat fatal pada orang yang telah mengalami penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah terjadi, karena adanya gumpalan lemak atau di dinding pembuluh darah. "Kalau beban jantung berlebihan, itu (gumpalan) bisa pecah dan menyumbat total aliran darah," jelas Siska.

Aliran darah yang tersumbat itu membuat terjadinya serangan jantung. Siska mengimbau masyarakat untuk rutin olahraga 30-60 menit per hari. Lakukan pemanasan terlebih dahulu dan diakhiri dengan pendinginan. Biasakan juga olahraga pada anak- anak atau sejak dini. "Mencegah jauh lebih baik. Kalau sudah kena serangan jantung itu sudah terlambat," imbuh Siska.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.