Kompas.com - 21/09/2015, 15:22 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Rasa lelah adalah hal yang umum dirasakan oleh banyak orang, terutama setelah menginjak usia paruh baya. Namun, Anda tak perlu repot mencari cara yang rumit untuk dapat kembali bugar dan bertenaga. Terapkan tujuh saran jitu ini dan Anda dapat mengatakan selamat tinggal pada rasa lelah.

 

1. Kenali masalah kesehatan Anda

Rasa lelah adalah tanda-tanda umum dari beberapa penyakit, misalnya diabetes, penyakit jantung, arthritis, anemia, gangguan kelenjar tiroid, dan  gangguan tidur. Temui dokter jika Anda merasakan kelelahan yang tidak biasa.

Banyak jenis pengobatan juga dapat menjadi akibat Anda kerap merasa lelah seperti pengobatan untuk tekanan darah, alergi, obat yang bersifat diuretik, dan lain sebagainya. Jika Anda mulai merasakan kelelahan setelah memulai proses pengobatan yang baru, informasikan kepada dokter Anda.

 

2. Lakukan Yoga

Meski hampir semua jenis olahraga bagus untuk kebugaran tubuh, yoga adalah yang paling efektif untuk meningkatkan energi. Setelah melakukan yoga  satu kali seminggu selama 6 minggu berturut-turut, para sukarelawan yang ikut penelitian di Inggris melaporkan kemajuan dalam hal pikiran yang lebih jernih, energi, dan rasa percaya diri. Tak pernah ada kata terlambat untuk mencoba.

Para peneliti di Universitas Oregon menawarkan latihan yoga kepada 135 pria dan wanita usia 65 hingga 85 tahun. Di akhir bulan keenam, para peserta melaporkan bahwa mereka merasakan energi yang bertambah dan merasa lebih bugar dari sebelumnya.

 

3. Minum Banyak Air

Dehidrasi akan menguras tenaga dan memengaruhi kinerja Anda. Penelitian yang kami lakukan membuktikan, dehidrasi membuat para atlit kesulitan meyelesaikan latihan angkat beban. Maka masuk akal untuk berpikir bahwa, dehidrasi menyebabkan kelelahan dan memengaruhi performa seseorang, bahkan untuk mereka yang hanya melakukan olahraga ringan, jelas An Judelson, PhD, Asisten Dosen dari Fakultas Ilmu Kinesiologi California State University di Fullerton.

Dehidrasi juga menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi dan berkurang kewaspadaannya. Bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda kurang minum air? Warna air seni yang normal adalah kuning pucat. Jika warnanya lebih gelap dari itu, Anda perlu minum banyak air putih.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.