Kompas.com - 02/10/2015, 14:17 WIB
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sekitar 500.000 wanita setiap tahunnya meninggal karena kanker payudara, tetapi kesadaran kaum wanita untuk memperhatikan kesehatan payudaranya masih rendah. Padahal, jika dideteksi sejak dini peluang kesembuhan sangat besar.

Bulan Oktober yang juga disebut bulan kesadaran kanker payudara, menjadi momen bagi GrabBike aplikasi ojek online dari PT GrabTaxi menggelar kampanye "Grab It Beat It" untuk mengedukasi pencegahan kanker payduara melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). Di Indonesia, kegiatan ini dilakukan dengan menggandeng LOVEPINK, organisasi nonprofit yang fokus pada peningkatan kesadaran kanker payudara.

“Dengan deteksi dini, angka kematian akibat kanker payudara bisa ditekan sampai 80 persen. Pemeriksaan payudara sendiri dapat dilakukan 7 sampai 10 hari setelah berakhirnya menstruasi”," kata Samantha Barbara, Ketua LOVEPINK dalam jumpa pers di Jakarta (1/10/15).

Untuk kampanye kegiatan ini, GrabBike akan memberi donasi sebesar Rp. 50.000.000 kepada LOVEPINK. “Kami ingin mendorong perempuan agar memprioritaskan kesehatan dan keselamatan, terutama upaya pencegahan kanker payudara," kata Kiki Rizky, Country Head of Marketing GrabTaxi Indonesia,

Kanker payudara secara umum ditandai dengan adanya benjolan. Ciri lain yang perlu diwaspadai antara lain terasa nyeri, kulit di sekitar payudara memerah, bengkak, puting mengeluarkan cairan meski tidak sedang menyusui, atau puting masuk ke dalam.

Dalam kampanye ini juga akan dijual terbatas t-shirt “GrabItBeatIt dilengkapi dengan slogan ‘Cegah Kanker, Cintai Payudaramu’ yang bisa dibeli melalui aplikasi GrabTaxi dan diantar gratis. Harga setiap t-shirt adalah Rp. 50,000 dan hasil penjualan yang terkumpul akan disumbangkan kepada LOVEPINK untuk mendukung peningkatan kesadaran akan kanker payudara.

Kampanye #GrabItBeatIt dilaksanakan secara bersamaan di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Guna mendukung penyebaran informasi tentang kesadaran akan kanker payudara di Asia Tenggara, para pelanggan didorong untuk mengenakan t-shirt dan memasang foto mereka saat mengenakan t-shirt tersebut di media sosial dengan tagar #GrabItBeatIt. (Muthia Zulfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.