Kompas.com - 05/10/2015, 10:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Olahraga bukan hanya perlu dilakukan dengan konsisten, tapi juga harus dipahami dan dipraktikkan dengan tepat agar hasilnya lebih cepat dan maksimal.

Olahraga memiliki aturannya sendiri. Jika aturan dan praktiknya betul, tujuan kita akan lebih mudah tercapai. Entah itu sekadar mempertahankan berat ideal atau ingin menurunkan berat badan. Sebaliknya, aturan dan praktik yang salah akan menjauhkan kita dari tujuan, hasil yang ingin dicapai tidak ada kemajuan, bahkan bisa menimbulkan cedera.

Karena itu, mari kita cari tahu kesalahan apa saja yang biasa dilakukan oleh wanita dalam berolahraga. Sekaligus temukan solusinya dari para ahli.

 

Selalu Memilih Latihan Intensitas Rendah

Alasannya: latihan intensitas rendah asal durasinya panjang, dapat membakar lebih banyak kalori.

Ini tidak benar. Latihan intensitas tinggi membutuhkan lebih banyak energi. Bahkan, banyaknya energi yang keluar tidak hanya terjadi saat olahraga, tetapi juga sesudah sesi latihan selesai. Olahraga intensitas tinggi menyebabkan ‘kerusakan’ otot yang lebih besar ketimbang intensitas ringan. Alhasil, tubuh harus berusaha lebih keras memperbaiki ‘kerusakan’ ini. Energi yang dikeluarkan untuk perbaikan bisa bertahan sampai 48 jam setelah olahraga selesai.

Wanita berusia di atas 35 tahun dan baru mulai rutin berolahraga, sebaiknya tidak langsung menjalani latihan intensitas tinggi dan hindari terlalu banyak benturan. Mulailah dari yang perlahan dulu, setelah itu pelan-pelan ditingkatkan intensitasnya. Jangan lupa untuk rajin melakukan peregangan dan latihan otot-otot tubuh agar terhindar dari risiko cedera.

 

Takut Berlatih Beban

Alasannya: Berlatih beban bisa membuat otot besar seperti atlet angkat besi.

Ini ketakutan yang kurang beralasan. Pasalnya, untuk memiliki otot yang besar diperlukan lebih dari sekadar angkat beban. Otot besar juga ditentukan oleh pola makan dan hormon, jelas Jessica Cummings, pelatih fitnes bersertifikat dari BodyScapes Fitness, Amerika Serikat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.