Kompas.com - 09/10/2015, 18:40 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi
JAKARTA, KOMPAS com — Deteksi dini kanker payudara sangat penting dilakukan oleh para wanita. Jika terdeteksi sejak dini, tingkat kesembuhan kanker payudara akan lebih tinggi. Salah satu cara untuk deteksi dini adalah mamografi.

Mamografi merupakan pemeriksaan bagian payudara menggunakan sinar-X dengan dosis rendah. Dokter onkologi dari Rumah Sakit Gleneagles, Singapura, Khoo Kei Siong mengatakan, mamografi sebaiknya rutin dilakukan pada wanita berusia di atas 40 tahun.

Sebab, kanker payudara bisa mengenai wanita mana pun. Mamografi tidak disarankan pada usia muda karena tidak akan efektif mendeteksi kanker. "Kalau usia muda tidak disarankan mamografi karena jaringan payudaranya masih padat. Jadi MRI saja," kata Khoo di Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Mamografi bisa dilakukan setiap satu tahun atau dua tahun sekali. Sayangnya, menurut Khoo, banyak mitos yang beredar bahwa mamografi malah bisa menyebabkan kanker. Khoo menegaskan, sinar radiasi mamografi sangat rendah.

Hingga saat ini, pemeriksaan mamografi pun masih menjadi andalan deteksi dini kanker payudara. "Mamografi adalah standar pemeriksaan kanker payudara yang bisa menangkap adanya tumor," kata Khoo.

Selain dengan mamografi, wanita sejak memasuki masa pubertas juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri atau SADARI. SADARI sebaiknya dilakukan pada hari ke-7 sampai 10 setelah menstruasi.

Bagi wanita yang telah menopause, SADARI dilakukan pada tanggal yang sama setiap bulannya. Dengan melakukan SADARI setiap bulan, setidaknya wanita akan lebih menyadari jika ada perubahan pada payudaranya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.