Kompas.com - 27/10/2015, 16:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Meski penyebab pasti kanker payudara belum diketahui, tetapi ada beberapa faktor yang membuat seseorang punya risiko lebih tinggi. Misalnya saja adanya riwayat penderita kanker payudara dalam keluarga.

Faktor genetik atau riwayat dalam keluarga berkontribusi 5-10 persen pada kejadian kanker payudara. Menurut dr.Dismaz A Chaspuri, faktor genetik dipengaruhi oleh adanya gen BRCA.

"Setiap orang memiliki gen BRCA. Yang membedakan adalah adanya mutasi. Jika Anda mempunyai mutasi dari gen tersebut, risikonya sangat tinggi," kata dokter dari RS Siloam ini dalam acara World Breast Cancer Day di Jakarta (26/10/15).

Untuk mengetahui ada tidaknya mutasi gen tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan. Gen BRCA1 dan BRCA2 sendiri juga terkait erat dan kanker payudara dan kanker ovarium.

"Pemeriksaan gen BRCA dalam keluarga bersifat ke atas. Dimulai dari kakak, ibu, sampai nenek. Jika ada salah satu anggota keluarga terkena kanker dan positif memiliki mutasi gen, saudara kandungnya harus dilakukan pemeriksaan," katanya.

Pemeriksaan tersebut berguna untuk melakukan pencegahan dini. Jika ternyata positif terdapat mutasi, salah satu cara pencegahannya adalah mastektomi atau pengangkatan payudara.

Bintang Hollywood Angelina Jolie merupakan salah satu contoh wanita yang menjalani operasi mastektomi lantaran ia membawa gen mutasi BRCA1 yang beresiko kanker payudara hingga 87 persen.

Mewarisi mutasi gen tidak berarti berakhirnya kehidupan. Kanker secara umum bisa disembuhkan selama terdeteksi dini.

Selain itu, disarankan pula untuk menjaga pola makan sehat. Memperbanyak asupan buah dan sayuran serta rutin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. (Muthia Zulfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.