Kompas.com - 18/01/2016, 17:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Berat badan sulit turun memang dapat disebabkan oleh berbagai hal, tapi jika bobot tubuh tetap gemuk meski kita sudah diet, gangguan hormon bisa jadi pemicunya.

Malah, kegemukan atau kesulitan menurunkan berat badan termasuk dalam gejala utama penyakit hipotiroid.

Hipotiroid adalah kondisi tubuh kekurangan hormon tiroid. Untuk mengetahui apakah kita mengalami kondisi ini perlu dilakukan pemeriksaan darah.

Karena fungsi utama hormon ini adalah menjalankan metabolisme tubuh, maka orang yang kekurangan tiroid metabolismenya menjadi lambat.

Orang yang mengalami hipotirod akan mengalami kelambatan metabolisme dan penurunan laju metabolik basal.

"Hal ini akan menyebabkan perubahan pada cara tubuh mengeluarkan energi. Jika laju metaboliknya rendah, maka orang akan mengalami kenaikan berat badan walau pola makannya tak ada yang berubah," kata Dr.Reshmi Srinath, asisten profesor endokrinologi.

Kenaikan berat badan itu bisa dipicu oleh kelebihan lemak atau pun retensi cairan tubuh.

"Walau kita sudah menjada pola makan dan rajin olahraga, kegemukan karena gangguan tiroid sulit diatasi karena kelebihan berat badan kebanyakan berasal dari kelebihan garam dan air ketimbang lemak," katanya.

Hipotiroid cukup mudah diatasi. Terapi paling efektif adalah mengonsumsi pil hormon tiroid sekali sehari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber yahoo news
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.