Kompas.com - 31/01/2016, 11:09 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Para ahli ternyata menyarankan untuk menimbang berat badan setiap hari. Dengan begitu, dalam dua tahun kenaikan berat badan kembali nyaris nol.

Sebuah studi dari Cornell University menemukan, pria dan wanita yang menimbang setiap hari tidak hanya menurunkan berat badan. Rata-rata kenaikan kembali berat badan pun mendekati nol.

Hal itu terbukti cukup besar, mengingat banyak studi membuktikan 40 persen penurunan berat badan naik kembali hanya dalam setahun. Dalam studi kecil terhadap mahasiswa, mereka yang diminta menimbang setiap hari selama 12 pekan tidak mengalami kenaikan berat badan.

Dalam studi kecil dua tahun terhadap anggota gym obesitas, mereka diminta menimbang setiap hari dan membuat grafik, hasil penurunan berat badan itu lebih besar dan mereka lebih mampu menjaga tidak naik lagi.

Tentu saja banyak ahli lain tidak menyarankan menimbang setiap hari, karena fluktuasi berat badan harian dapat mendatangkan obsesi tak sehat terhadap berat badan dan menyebabkan depresi. Khususnya pada mereka yang memiliki riwayat depresi.

Cara lain menjaga diri dari kenaikan berat badan adalah dengan merasakan baju yang makin sempit, juga level energi selama seharian dan saat olah raga. Bisa juga menggunakan fitness tracker.

Tidak ada salahnya mencoba metode ini. Cobalah menimbang setiap hari selama sebulan dan lihat apa yang terjadi. Usahakan menimbang di waktu yang sama setiap hari seperti di pagi hari setelah buang air besar dan sebelum mandi. Gunakan timbangan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber POP SUGAR

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.