Kompas.com - 07/02/2016, 09:15 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Seorang ibu hamil di Spanyol dinyatakan positif terinfeksi virus Zika. Ini merupakan kasus pertama pada ibu hamil yang terjadi di Eropa.

 

Ibu hamil ini beserta enam orang lainnya terinfeksi akibat kunjungannya ke Kolombia. Kolombia termasuk negara yang sedang dijangkiti virus Zika, sehingga Badan Kesehatan Dunia mengeluarkan imbauan untuk menghindari negara itu.

 

Walau positif terkena Zika, ibu yang dalam masa trimester kedua ini dinyatakan dalam kondisi baik oleh pemerintah Spanyol. Keenam orang lainnya juga dinyatakan dalam kondisi baik.

 

“Ini merupakan kasus ibu hamil terinfeksi virus Zika yang pertama di Eropa. Kasus ini masih bisa ditangani dan tidak berisiko untuk menyebar ke seantero Spanyol,” kata Kementrian Kesehatan Spanyol seperti dikutip dari Dailymail (6/2/16).

 

Meski demikian, ada kekhawatiran terjadi kelainan pada bayi yang akan dilahirkan. Untuk itu wanita berusia 41 tahun ini akan menjalani tes lanjutan untuk mengetahui kondisi janin.

 

“Kecil kemungkinan si janin terkena dampak virus ini. Tapi kami akan memastikan lebih lanjut apakah si janin berkembang dengan normal atau tidak,” ujar Joan Guix, salah satu petugas kesehatan Spanyol dalam konferensi pers.

 

Virus Zika yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti telah merambah sebagian besar Amerika Selatan. Virus ini dikaitkan dengan kasus mikrosefali pada bayi baru lahir. Di Brasil, tercatat sekitar 4000 kasus mikrosefali pada bayi baru lahir yang disebabkan oleh virus Zika. Sedangkan di Kolombia sendiri belum ada kasus mikrosefali terkait virus Zika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Infeksi Usus
Infeksi Usus
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.