Kompas.com - 21/02/2016, 15:15 WIB

KOMPAS.com - Asumsi muncul karena adanya ketidaktahuan dan informasi yang muncul berkali-kali, sehingga akan membingungkan banyak orang. Bahkan, mitos terkait psikologi juga banyak beredar di masyarakat. Berikut ini ada 6 mitos seputar depresi yang tidak harus dipercaya, karena depresi termasuk masalah yang tidak boleh dianggap enteng:

1. Orang depresi memiliki kecenderungan bunuh diri

Meski beberapa orang yang mengalami depresi memiliki kemungkinan untuk melakukan bunuh diri, itu tidak berarti semua orang yang depresi mengambil jalan yang sama. Tak sedikit orang dengan depresi tetap menjalani kehidupan seperti biasanya, walaupun suasana hatinya sedang buruk atau menderita.


2. Memiliki pikiran bahagia bukanlah obat depresi

Tertawa memang dapat membantu meredakan depresi, namun hanya bersifat sementara. Karena depresi secara klinis disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia dan perlu diobati secara medis pula.

3. Orang depresi terobsesi dengan dirinya sendiri dan tidak memikirkan orang lain

Ini jelas tidak benar. Seorang yang mengalami depresi tidak memiliki obsesi sendiri, termasuk dalam menangani masalah yang mereka hadapi. Mereka juga memiliki empati terhadap orang lain di sekitarnya.

4. Orang yang depresi tidak bisa bersosialisasi dengan normal

Seseorang yang mengalami depresi dapat hidup normal dan bersosialisasi dengan sekitarnya, termasuk memiliki lingkaran pertemanan hingga kehidupan media sosial.

5. Perempuan lebih berisiko depresi daripada laki-laki

Hingga kini, tidak ada penelitian yang mengatakan hal tersebut. Perempuan, laki-laki, dewasa, dan remaja memiliki risiko dan kecenderungan yang sama untuk mengalami depresi.

Depresi dapat mengganggu kehidupan seseorang, sehingga orang yang mengalaminya harus mendapatkan bantuan medis dari psikiater secepat dan seserius mungkin. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.