Kompas.com - 02/03/2016, 13:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya orangtua, anak-anak ternyata juga bisa terserang stroke. Dokter spesialis saraf Rocksy Fransisca mengungkapkan, pernah menangani pasien termudanya, yaitu anak berusia dua tahun.

"Anak ini lagi belajar jalan tiba-tiba jatuh, lumpuh sebelah. Saat periksa MRI, ternyata ada infrak, ada sumbatan di otak," terang Rocksy di Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Rocky menjelaskan, anak tersebut ternyata mengalami kekurangan protein C dan S. Kekurangan protein C dan S menyebabkan darah cepat membeku. Akibatnya, darah akan lebih mudah tersumbat.

Dokter yang berpraktek di Rumah Sakit Siloam Karawaci itu mengatakan, kelainan yang menyebabkan stroke pada anak-anak sangat jarang terjadi.

Adanya pasien anak-anak yang mengalami stroke juga diungkapkan dokter spesialis saraf Mursyid Bustami. "Paling muda ada yang yang kena stroke usia tujuh tahun waktu itu. Biasanya karena faktor genetik," kata direktur utama Rumah Sakit Pusat Otak Nasional ini.

Stroke, juga disebut brain attack atau serangan otak, terjadi akibat suplai oksigen dan nutrien ke otak terganggu karena pembuluh darah tersumbat atau pecah. Umumnya, stroke terjadi pada orang tua dan dipicu oleh adanya hipertensi hingga kolesterol tinggi. Akan tetapi, saat ini, menurut Mursyid mulai banyak orang berusia 40 tahun.

Stroke pada usia muda bisa terjadi karena memiliki riwayat keluarga, kelainan pembuluh darah, dan juga dipicu gaya hidup tidak sehat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.