Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Kelapa Bikin Gorengan Jadi Lebih Sehat

Kompas.com - 07/03/2016, 12:20 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Pamor minyak kelapa belakangan ini naik kembali. Selain bikin makanan terasa enak, minyak kelapa baik untuk kesehatan kita. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan energi
Kendati minyak kelapa sempat disingkirkan karena dianggap mengandung lemak jenuh, penelitian membuktikan lemak jenuh dalam minyak kelapa cenderung tidak berbahaya. Minyak jenuh dalam kelapa hanya mengandung asam lemak rantai medium yang digunakan sebagai sumber energi cepat, bukan seperti lemak rantai lebih panjang yang cenderung disimpan sebagai lemak dan bikin gemuk.

2. Menjaga kestabilan gula darah
Struktur unik minyak kelapa yang berantai medium membuatnya beraksi seperti glukosa yang memberi makan tubuh di tingkat selular, meningkatkan metabolisme dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minyak kelapa juga mengenyangkan perut dan terbukti mengurangi nafsu makan serta mencegah kita makan berlebihan.

3. Bebas laktosa
Minyak kelapa ini lebih mudah dicerna dan sangat cocok untuk kaum vegan. Sangat ideal untuk menggantikan butter dan lemak hewani lainnya.

Meskipun mengandung lemak jenuh yang pada minyak dan lemak jenis lain meningkatkan kolesterol, jenis lemak dalam minyak kelapa justru meningkatkan kolesterol baik yang bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Minyak kelapa terbuat dari lemak sehat yang disebut lauric acid, caprylic acid dan capric acid. Ketiganya terbukti bersifat antijamur, antivirus dan antibakteri yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Membantu pencernaan
Minyak kelapa terbukti membantu mencegah keluhan yang berkaitan dengan pencernaan. Hal ini disebabkan kandungan antimikroba di dalamnya yang mengatasi bakteri, jamur dan parasit yang mengganggu pencernaan.

6. Mengurangi peradangan
Minyak kelapa terbukti mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. Banyak peradangan menyebabkan nyeri. Mengonsumsi minyak kelapa dapat mengurangi nyeri tersebut.

7. Dapat dimasak suhu tinggi
MInyak kelapa tidak rusak dimasak dalam suhu tinggi. Oleh karena itu dapat digunakan untuk membuat gorengan lebih aman. Minyak kelapa tidak mudah berasap di suhu tinggi sehingga tidak teroksidasi dengan mudah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com