Kompas.com - 31/03/2016, 21:00 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok saya mau bertanya tentang risiko melakukan seks oral. Apakah melakukan seks oral bisa menyebabkan risiko infeksi saluran kemih? Mohon penjelasannya.
Karina, Bandung

JAWAB:

Seks oral yang dilakukan oleh kedua orang yang sehat tidak menimbulkan akibat apapun terhadap kesehatan. Berarti tidak juga mengakibatkan infeksi saluran kemih.
Tetapi, kalau salah satu atau keduanya mengalami penyakit, mungkin saja terjadi penularan. Sebagai contoh kalau seorang pria mengalami infeksi menular seksual misalnya karena gonorea.

Kalau pasangannya melakukan seks oral, mungkin saja bagian tenggoroknya tertular infeksi itu.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.