Kompas.com - 11/04/2016, 20:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Walau usia terus merambat naik, bukan berarti kehidupan seksual pasangan suami istri ikut memudar. Malah, sebagian besar pasangan merasakan hubungan seksualnya lebih memuaskan dibanding saat berusia 20-an.

Berbagai survei menyebutkan, wanita berusia di atas 40-an umumnya masih aktif secara seksual dan mereka lebih mudah mencapai orgasme dibanding saat usia mereka lebih muda.

Salah satu penyebab tingginya kepuasan seksual orang berusia 40-an antara lain karena secara emosional mereka lebih dekat dengan pasangan. Selain itu, mereka juga lebih terbuka membicarakan topik seks dengan pasangannya.

Mengomunikasikan dengan pasangan apa yang disukai, apa yang membuat gairah semakin melonjak, dan bagaimana mencapainya, bisa membuat hubungan seks berjalan sesuai keinginan bersama.

Memang kebanyakan pasangan merasa tabu dan malu mengangkat topik seputar seks, bahkan pada suami atau istri yang sudah dinikahi selama belasan tahun. Meski sudah lama menikah, terkadang pasangan kita butuh panduan hal apa yang harus dilakukan, demikian pula sebaliknya.

Berpura-pura menikmati hubungan seks justru membuat kepuasan seksual sulit diraih. Anda pun mungkin akan sibuk mencari alasan menghindar ketika pasangan mengajak bermesraan.

Pertambahan usia juga bisa membuat seorang wanita mengalami berkurangnya lubrikasi di organ genital. Kalau sudah begini hubungan seks bisa menjadi menyakitkan. Oleh karenanya tak ada salahnya menggunakan pelumas agar kenikmatan seksual kembali diraih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.