Kompas.com - 15/04/2016, 18:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di dunia. Beban biaya untuk mengobati penyakit ini juga sangat tinggi. Menerapkan gaya hidup sehat merupakan langkah preventif untuk menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung.

Untuk mendukung langkah preventif ini, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Isman Firdaus pun mengenalkan rumus seperti deretan angka nomor telepon untuk mencegah terkena penyakit jantung.

"Untuk mencegah penyakit jantung, rumusnya kayak nomor telepon, dicatat ya, 035140530," kata Isman dalam jumpa pers acara Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (ASMIHA) 2016 di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Angka 035140530 dijadikan pedoman dalam menjalankan gaya hidup sehat. Isman menjelaskan, angka 0 pertama maksudnya no smoking atau tidak merokok. Orang yang merokok memiliki risiko sakit jantung lebih besar.

Angka 3 adalah rumus untuk menjalani aktivitas fisik, minimal jalan kaki sebanyak 3 kali seminggu, selama 30 menit dan sejauh 3 kilometer. Olahraga teratur dapat menyehatkan jantung.

Angka 5, maksudnya makan lima porsi buah dan sayur, mulai dari pagi, siang, dan malam. Sayur dan buah-buahan merupakan makanan berserat yang baik untuk kesehatan jantung.

Kemudian, angka 140 itu maksudnya adalah batas tekanan darah. Usia di atas 30 tahun, menurut Isman, sebaiknya sudah mulai rutin cek tekanan darah. Tekanan darah yang normal, yaitu 140 mm/Hg.

Angka 5 berikutnya adalah batasan kolesterol total, tidak boleh lebih dari 5 mmol. Kemudian angka 3, maksudnya kadar LDL atau kolesterol jahat tak boleh lebih dari 3 mmol. Tingginya kadar kolesterol bisa menyumbat pembuluh darah yang mengakibatkan penyakit jantung koroner.

Sedangkan, angka 0 terakhir adalah no obesitas. Obesitas atau kelebihan berat badan badan merupakan faktor risiko terjadinya berbagai penyakit seperti diabetes dan jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.