Kompas.com - 17/04/2016, 13:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - "Setahu saya, ini adalah pertama kalinya di era modern di mana satu jenis kanker dinyatakan sebagai non-kanker," kata peneliti senior Dr. Yuri Nikiforov mengatakan dalam siaran pers. "Saya berharap bahwa itu akan menjadi contoh yang baik dari perkembangan teknologi kesehatan."

 

The New York Times melaporkan sekitar 10.000 orang didiagnosis dengan kanker tiroid di Amerika Serikat setiap tahunnya. Kanker tiroid kini seakan sudah menjadi penyakit umum.

 

Sehingga bisa dibilang, hampir semua orang didiagnosis dengan kanker, yang pada akhirnya memengaruhi psikologis para pasien.

 

Bahkan, bisa menyebabkan sikap agresif, perawatan berlebihan yang tidak perlu dan akhirnya berisiko, seperti menghilangkan tiroid dan perawatan yodium radioaktif.

 

Sebelum membuat pertanyaan, tim dokter internasional mengamati lebih dari 200 pasien hingga 26 tahun. Lewat penelitian tersebut, para dokter mengamati pertumbuhan penyakit dan menyatakan bahwa kanker tiroid jenis umum memiliki risiko yang sangat rendah.

 

"Tumor tiroid NIFTP (Noninvasive Follicular Thyroid Neoplasm with Papillary) memiliki inti yang terlihat seperti kanker, tetapi sel-sel tidak dapat keluar dari jaringan fibrosa yang mengelilingi mereka. Jika itu bukan kanker, mari kita tidak menyebutnya sebagai kanker," kata presiden dari American Thyroid Association kepada Times.

 

Upaya-upaya serupa akan segera dilakukan untuk kanker paru-paru, prostat, dan lesi payudara jenis tertentu, untuk menghindari diagnosa kanker berlebihan yang akhirnya menjurus pada perawatan yang berlebihan pula.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.