Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2016, 19:15 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Di Amerika, ada hampir satu juta kunjungan ke dokter setiap tahunnya, karena kornea mata meradang dan infeksi mata lainnya yang terkait lensa kontak, menurut laporan terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

 

Laporan ini mungkin lebih kecil dari masalah yang sebenarnya ada di lapangan, kata penulis studi Jennifer Cope, MD. Para peneliti menghitung kunjungan pasien ke dokter dan ruang gawat darurat, yang tidak selalu ke dokter mata.

 

"Kunjungan mereka tidak selalu terdeteksi-setidaknya demikian menurut data kami, sehingga sangat mungkin masih ada banyak lagi kasus infeksi mata yang ada di luar sana," kata dia.

 

Jika Anda tidak membersihkan lensa kontak dengan benar, bakteri, jamur seperti Fusarium, amebae seperti Acanthamoeba, dan virus dapat tumbuh pada lensa. Kadang-kadang bakteri bahkan bercampur dengan air untuk membentuk biofilm pelindung kuman yang kemudian dapat menginfeksi mata Anda.

 

Masalahnya adalah, Anda mungkin lupa bahwa lensa kontak adalah magnet bagi kuman. "Sangat mudah dalam hidup kita yang benar-benar sibuk untuk mengambil jalan pintas dan tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang serius, bahwa lensa kontak adalah perangkat medis juga merupakan benda asing yang kita tempatkan di mata,” jelas Cope.

 

“Karena itulah, lensa kontak harus dirawat dengan baik untuk mencegah beberapa komplikasi ini yang mungkin berkembang, "kata Cope.

 

Inilah saran Cope untuk merawat lensa kontak Anda:

1. Ganti lensa Anda seperti yang disarankan.
Banyak orang mengambil jalan pintas dan mencoba untuk memperpanjang usia pemakaian lensa menjadi dua hari, kemudian dua minggu, dan seterusnya, kata Cope. Sekali lagi, itu seperti mengundang bakteri ke dalam mata Anda.

 

2. Cuci lensa kontak Anda setiap hari dan ganti setiap tiga bulan.
"Saya pikir banyak orang memiliki ide bahwa jika tidak rusak, atau masih bisa dipakai, lensa masih bisa dipakai. Tapi, lensa benar-benar harus diganti setiap tiga bulan," kata Cope. Jika tidak, akan muncul biofilm kuman.

 

3. Bawa kacamata cadangan di tas olahraga, meja atau laci Anda.
Dengan cara itu, jika Anda secara tidak sengaja tertidur, berenang, atau melakukan sesuatu yang lain yang tidak menggunakan lensa kontak, Anda dapat langsung mengeluarkan kacamata dan memakainya.

"Begitu Anda tidak memakai lensa kontak, bersihkan lensa dengan larutan disinfektan dan rendam di dalam cairan yang direkomendasikan," kata Cope.

 

Perawatan yang tepat akan sangat mengurangi risiko infeksi mata. Namun, jika Anda mengalami gejala peradangan kornea, atau iritasi keratitis, mata merah dan nyeri, segera ganti atau hentikan sementara pemakaian lensa kontak Anda, kata Cope.

 

Jika sakit berlanjut, hubungi dokter mata, mungkin Anda perlu pengobatan menggunakan antibiotik atau pengobatan lain untuk menjaga kondisi mata Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com