Kompas.com - 27/04/2016, 10:14 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri daging merah adalah sumber zat besi yang sangat baik. Jika tak suka atau sedang mengurangi asupan daging, makanan dari sumber nabati ini sejatinya juga sumber zat besi yang baik.


1. Edamame
Kedelai Jepang ini sehat dan bergizi. "Edamame merupakan protein yang memberi 40 persen kebutuhan zat besi dalam satu cangkir," kata Elizabeth Shaw, MS, R.D.N, C.L.T.

2. Bayam
Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan zat besi. Satu cangkir bayam ditumis dengan minyak zaitun meningkatkan kadar zat besinya. Satu cangkir bayam mentah mengandung satu miligram besi sementara bayam matang memberikan enam kali lipat.

3. Gandum utuh
Pasta dan roti gandum biasanya juga mengandung zat besi. Tambahkan kacang-kacangan dan sayuran hijau untuk menambah asupan zat besi.

4. Tahu
Tahu tidak hanya kaya protein. "Tahu juga sumber zat besi yang baik," kata Kara Lydon, RD, LDN, RYT, blogger di The Foodie Dietitian. "Sekitar 100 gram tahu mengandung 6,4 mg zat besi, 36 persen kebutuhan harian Anda," katanya.

5. Brokoli
"Menambahkan sayuran hijau brokoli ke piring tak hanya memberikan vitamin dan mineral tapi juga menambah asupan besi. Satu mangkuk brokoli masak mengandung 1 mg zat besi, vitamin C dan serat," kata Natalie Rizzo, MS, RD, pemilik Nutrition a la Natalie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.