Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gara-gara Permainan "Paintball", Liver Alami Perdarahan

Kompas.com - 07/05/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Seorang laki-laki muda dilaporkan mengalami kerusakan liver setelah ia "ditembak" berkali-kali dalam permainan paintball. Ini adalah kasus pertama yang dilaporkan.

Permainan paintball, alias tembak-tembakan menggunakan peluru cat memang seru dan bisa meningkatkan kekompakan tim. Meski demikian, kegiatan ini ternyata bisa berakibat cukup serius.

Dalam laporan yang dimuat dalam jurnal BMJ case report, seorang lelaki berusia 18 tahun dilarikan ke rumah sakit setelah ia mengeluhkan sakit pada perutnya. Semula ia menduga terkena radang usus buntu.

Setelah diperiksa dokter, ternyata diketahui ada perdarahan pada livernya. Beberapa hari sebelumnya pria tersebut memang baru bermain paintball dan bagian livernya tertembak beberapa kali.

Dokter memang bisa mengobati pasien tersebut, tetapi ia membutuhkan oeprasi untuk menghentikan perdarahannya.

"Luka di organ tubuh padat akibat permaiann ini baru tiga kali kali dilaporkan, tetapi semuanya pada bagian urologi," tulis laporan tersebut.

Permainan paintball memang berbahaya jika mengenai bagian mata, tetapi para ahli mengatakan dampaknya bisa berbahaya bila mengenai organ dan pembuluh darah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com