Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/05/2016, 12:45 WIB

KOMPAS.com - Aluminium foil menjadi salah satu perlengkapan dapur yang tidak boleh terlewatkan. Aneka makanan dibungkus dengan aluminimun foil saat diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Lalu, amankah aluminium foil untuk makanan? Berikut penjelasannya.

Sebenarnya, kandungan aluminium memang berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya pada foil saja, aneka peralatan dapur seperti wajan dan sendok juga mengandung aluminium. Asupan aluminium yang tinggi dapat membuat penyait tulang dan ginjal. Tapi tenang saja, tidak semua aluminium tidak bisa dipakai untuk urusan makanan. Kita perlu memahami cara aman dalam menggunakannya.

Sebaiknya bungkus makanan untuk dimasak dan jangan membungkus makanan yang masih dalam suhu tinggi ke dalam aluminium foil. Suhu panas akan membuat kandungan di dalam foil masuk ke dalam makanan.

Selain itu, usahakan menggunakan tisu atau pembungkus kertas lainnya untuk membungkus makanan yang langsung dimakan seperti sandwich. Kemungkinan tergigit foil dan memakannya sangat memungkinkan.

Hindari pula membungkus makanan asam. Bila terkena zat asam, foil akan berinteraksi secara kimia. Hal ini akan membuat makanan jadi lembab dan bakteri bisa masuk ke dalam makanan. Hindari membungkus makanan asam seperti tomat dan cuka. Aneka olahan tomat seperti saus tomat juga harus dihindari.

Anda juga perlu memikirkan tempat penyimpanan makanan dengan aluminiu foil. Microwave menjadi tempat yang harus dihindari sebab dapat memunculkan percikan api dari gelombang yang ditimbulkan. Selain itu, aluminium foil yang disipan di freezer malah akan membuat kertas cepat sobek dan membuat makanan menjadi bocor.

Hindari pula membungkus sisa makanan dalam aluminium foil. Hal tersebut akan membuat bakteri mudah masuk. Lebih baik, simpan dalam wadah kaca atau plastik.

Pertanyaan mengenai amankah aluminium foil untuk makanan bisa dijawab sesuai dengan bagaimana kita menggunakannya. Aturan penggunaan di atas perlu diperhatikan agar makanan tetap aman. (Niken/ Tabloid-Nakita.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com