Kompas.com - 28/05/2016, 21:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Siapa bilang libido akan menghilang setelah umur 40 tahun? Mencapai umur 40 tahun benar-benar membuat kehidupan seks menjadi lebih berani, demikian menurut sebuah penelitian.

Temuan tersebut berdasarkan survei terhadap 2.400 warga Kanada, antara usia 40 hingga 59, tentang kesehatan seksual mereka, kebahagiaan dan kenikmatan, di samping perilaku seksual dan sikap mereka.

Ada persepsi publik bahwa semakin bertambahnya usia, seks menjadi kurang penting, kurang menyenangkan dan kurang sering, jelas Robin Milhausen, seksualitas dan peneliti hubungan di University of Guelph di Kanada. Temuan penelitian itu  menunjukkan bahwa sebagian besar Kanada berpenduduk setengah baya yang memiliki kehidupan seksual yang memuaskan dan aktif.

Para peneliti menemukan bahwa kenikmatan seksual tidak menurun dengan bertambahnya usia. Terlepas dari kategori usia, 65 persen dari responden mengatakan hubungan seksual terakhir mereka adalah yang sangat menyenangkan.

Mayoritas responden mengatakan bahwa hubungan utama mereka saat ini adalah emosional yang memuaskan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa saat mereka bertambah tua, responden lebih mungkin menjadi petualang.

Sekitar 63 persen mengatakan mereka lebih tertarik untuk mencoba hal-hal baru demi meningkatkan kenikmatan mereka daripada satu dekade lalu. Penggunaan pelumas untuk berhubungan meningkat dengan bertambahnya usia, yaitu 22 persen pada pria dan 26 persen pada wanita berusia 55 hingga 59 tahun, yang menggunakan pelumas saat hubungan seksual terakhir.

Penggunaan vibrator juga biasa, dengan 40 persen wanita melaporkan bahwa mereka menggunakan vibrator terakhir kali mereka melakukan masturbasi. Kepuasan seksual dan hubungan saling terkait, yang paling puas secara emosional dalam hubungan mereka melaporkan tingkat tertinggi dari kenikmatan.

Dan pria yang menikah melaporkan bahwa seks lebih menyenangkan seperti rekan mereka yang jomblo. Nah, untuk mendapatkan kenikmatan seks, menikahlah!  (K.Tatik Wardayati/Intisari-Online)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.