Ini Ramuan Alami Pembasmi Jerawat

Kompas.com - 05/06/2016, 10:11 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kulit berjerawat? Tak ingin menggunakan produk pembasmi jerawat dengan berbagai zat kimia di dalamnya? Ramuan alami bisa jadi pilihan untuk menyembuhkan masalah jerawat. Namun, hati-hati, tak semua ramuan alami ampuh membasmi jerawat. Temukan jawabannya berikut ini.

 

1. Mengubah Pola makan Anda
Ampuh atau tidak? Ya!

"Nutrisi yang masuk mulut Anda, hasilnya akan muncul pada kulit Anda," kata Jessica Wu, MD, dermatolog di Los Angeles, dan penulis Feed Your Face. Dia juga mengatakan, sayangnya tidak cukup banyak penelitian untuk menentukan jenis makanan apa yang benar-benar bisa memicu jerawat pada semua orang.

Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat, kurangi makanan dengan indeks glikemik tinggi dan susu, saran Diane Madfes, MD, seorang dokter kulit dan instruktur klinis di Mount Sinai Medical Center.

Namun, kedua jenis makanan tersebut tidak selalu menyebabkan jerawat pada semua orang. Perbanyak makanan penuh asam lemak omega-3 sebagai anti peradangan, seperti ikan laut, Wu menyarankan.


2. Masker eksfoliasi dari tanah liat
Ampuh atau tidak? Ya!

Masker tanah liat dapat membantu mengeluarkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori, kata Alicia Zalka, MD, dermatolog di Connecticut.

Masker ini pilihan terbaik bagi orang-orang dengan kulit sensitif dan berjerawat dibandingkan masker asam salisilat atau glikolat, yang dapat menyebabkan iritasi.


3. Ekstrak teh hijau
Ampuh atau tidak? Ya!

Anda tahu bahwa minum teh hijau dapat memberikan kebaikan bagi tubuh. Kandungan antioksidannya juga dapat membantu menghambat aktivitas sel-sel penghasil minyak di kulit Anda, kata Wu.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X