Kompas.com - 10/06/2016, 12:55 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada banyak alasan kenapa kehidupan seks jadi berhenti. Mungkin pasangan sedang sakit atau sudah meninggal. Bisa jadi kehidupan yang sibuk, mengurus anak-anak dan berbagai macam alasan.

Dari hari berubah menjadi minggu lalu bulan dan tahun. Lama kelamaan tidak berhubungan seks jadi hal normal.

Ternyata tubuh kita diam-diam bereaksi terhadap hilangnya kegiatan seks itu dan mulai muncul masalah. Mulai masalah mental seperti berkurangnya konsentrasi, sedih karena libido berkurang, hingga meningkatnya risiko masalah kesehatan.

Berikut ini 10 hal yang terjadi ketika berhenti berhubungan seks :

1. Sering sakit
Konsultan dan edukator seks Dr Cory B Honickman mengatakan sistem kekebalan tubuh kita melemah ketika tubuh lama tak berhubungan seks.

2. Kadar stres meningkat
"Kita jadi lebih mudah cemas karena turunnya hormon yang bikin kita 'merasa enak',"
kata Dr Honickman. Kurang seks memang bikin stres.

3. Sulit terangsang
Pada pria mereka bakal mengalami disfungsi ereksi, khususnya ejakulasi dini. Pasalnya, organ seks juga seperti otot. Jika jarang dipakai, fungsinya jadi berkurang.

4. Mimpi berubah
Anda mungkin mulai mengalami mimpi seks atau mengalami orgasme saat tidur. Tidak sama dengan yang didapat dari seks tapi mendapat substitusi yang lumayan.

5. Kehilangan keinginan
Dr Honickman mengatakan Anda mulai kurang tertarik dengan seks. Libido pun jadi berkurang. Di sini kita normal jika merasa tidak normal.

6. Menjauh dari pasangan
Jika masih punya pasangan, Anda mungkin jadi kurang dekat. Di sisi lain, orang lain kelihatan lebih menarik dari pasangan. Ini menjadi tanda betapa pentingnya kehidupan seks yang sehat.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.