Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Main "Gadget", Waspadai Gejala "Computer Vision Syndrome"

Kompas.com - 21/06/2016, 14:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber WEBMD

KOMPAS.com - Computer vision syndrome merupakan gangguan pada mata akibat sering menatap layar komputer atau tablet, smartphone, dan layar gadget lainnya. Computer vision syndrome atau disingkat CVS mulai banyak ditemui di era modern seperti ini.

Bagaimana tidak, menatap layar komputer selama berjam-jam merupakan gaya kerja sehari-sehari kebanyakan orang saat ini. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun rentan terkena CVS karena sering main video game, menggunakan tablet, maupun menggunakan komputer sepanjang hari di sekolah.

Bekerja di depan komputer mengharuskan mata terus fokus, bergerak maju mundur, dan menyelaraskan dengan apa yang terlihat di layar.

Terkadang mungkin Anda harus melihat kertas, kemudian kembali menatap layar. Bekerja menggunakan komputer meningkatkan kerja otot mata.

Banyak orang yang tak sadar mengalami masalah CVS. Penelitian menunjukkan, CVS sebenernya merupakan gangguan umum bagi kebanyakan pekerja saat ini. Sekitar 50-90 pekerja yang menggunakan komputer, setidaknya merasakan tanda-tanda masalah pada mata.

Berikut beberapa gejala computer vision syndrome yang mungkin bisa terjadi pada Anda, seperti dikutip dari WebMD.com

1. Penglihatan kabur
2. Penglihatan ganda
3. Mata merah dan kering
4. Iritasi mata
5. Sakit kepala
6. Sakit leher atau sakit punggung

Sejauh ini belum ada penelitian yang menyatakan CVS dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mata. Namun, penggunaan komputer terlalu sering setidaknya bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan ketegangan pada mata.

Jika gejala yang muncul tersebut tidak segera diatasi, bisa mengganggu kesehatan mata dan berdampak pada performa kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com