Kompas.com - 25/06/2016, 11:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anak yang gemuk dan montok mungkin terlihat menggemaskan, tapi jika berat badannya terlalu berlebihan gemuknya "tak lucu" lagi karena risiko penyakit justru mengintai.

Arya Permana, bocah 10 tahun asal Karawang, Jawa Barat, meramaikan dunia maya karena di umurnya yang tergolong masih bocah itu sudah mencapai 140 kilogram.

Dengan bobotnya itu, Arya juga sudah tidak sanggup lagi berjalan ke sekolah sehingga ia akhirnya berhenti sekolah sampai kelas III SD saja.

Karena obesitas yang dialaminya, Arya sering merasa sesak napas. Untuk menyiasatinya, ia harus tengkurap dengan kepala bersandar di tembok pada saat tidur. Akibatnya, jidat arya kini menghitam.

Obesitas pada anak memang saat ini terus meningkat di berbagai negara, terutama di negara Barat yang makanannya tinggi gula dan kalori. Belum lagi anak-anak sudah semakin jarang bergerak karena kata "bermain" kini berarti memainkan gadget sambil duduk.

Bahaya dari obesitas pada anak sebenarnya tak berbeda dengan kegemukan pada orang dewasa. Mereka beresiko mengalami diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan juga kematian prematur.

Kabar baiknya, anak yang obesitas bisa mendapatkan terapi untuk menurunkan berat badannya. Berikut adalah 5 anak "raksasa" karena di usianya yang masih belia, berat badan mereka melebih orang dewasa.

- Jessica Leonard (8), 190 kg
Jessica memecahkan rekor sebagai anak paling gemuk di dunia. Di usia 12 bulan, ia sudah memiliki indeks massa tubuh 56. Setahun kemudian berat badannya mencapai 49,8 kg, dan di usia 3 tahun terus melonjak menjadi 77 kg dan menjadi 90 kg saat usianya 4 tahun.

Gadis kecil ini dilaporkan mengonsumsi 10.000 kalori sehari. Di usianya yang ke-6 Jessica bahkan tidak bisa lagi berjalan dan harus memakai kursi roda untuk bergerak.

Saat ia berusia 8 tahun, Jessica dilarikan ke rumah sakit karena tak bisa bernapas dan kondisinya kritis. Selama 2 tahun, ia berada di bawah pengawasan dokter dan berhasil menurunkan 145 kg berat badan tanpa operasi. Namun ia masih memiliki 9 kg kelebihan kulit. Jessica kini mengonsumsi obat-obatan untuk mengontrol nafsu makannya dan melakukan diet.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.