Kompas.com - 30/06/2016, 08:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Rata-rata kita berolahraga dua sampai tiga jam seminggu. Di luar jam olahraga itu masih banyak waktu yang berharga juga untuk menjaga kesehatan dan berat badan.

"Apa yang kita lakukan di luar gym itu jauh lebih penting dan berdampak untuk kesehatan dan berat badan," kata pelatih pribadi Harley Pasternak.

Pelatih Lady Gaga, Halle Berry, Megan Fox dan Katy Perry ini membuat lima daftar perilaku yang wajib dilakukan di luar waktu olahraga. "Bukan soal diet atau pun olahraga. Hasilnya akan perlahan tetapi kemajuannya terus terjadi dan jangka panjang," tambahnya.

1. Jalan kaki
"Saat ini kita amat jarang bergerak. Rata-rata orang Amerika berjalan 4.000 langkah," katanya. Seharusnya kita berjalan 10.000 langkah sehari. 

2. Cukup Tidur
Ia menyarankan untuk tidur tujuh jam setiap malam. "Ketika kurang tidur, kita memproduksi lebih sedikit ghrelin dan leptin yang membantu kita membakar lebih banyak lemak. Keduanya memberi tahu kita ketika kita kenyang," katanya.

Kurang tidur membuat kita membakar lebih sedikit lemak dan makan lebih banyak karena kekurangan sinyal yang memberi tahu tubuh kita sudah cukup kenyang.

Ketika kurang tidur, kita juga cenderung kurang aktif yang membuat kita kurang membakar kalori. Agar tidur nyenyak, ia merekomendasikan mematikan telpon di malam hari, menggelapkan kamar dan membuat kamar bebas bising.

3. Makan protein dan serat
Ia juga menyarankan makan tiga kali dan dua kali kudapan kaya akan protein dan serat. Makan besar harus meliputi porsi protein sebesar telapak tangan, banyak sayur, segenggam karbohidrat kaya serat, sayur, dan sejempol lemak sehat. Kudapan pun sebainya memiliki dua dari tiga kandungan protein, serat dan lemak. Ukurannya sepertiga dari makan besar.

4. Latihan resistensi
Pasternak merekomendasikan melakukan paling tidak lima menit latihan resisten setiap hari. Latihan itu bisa berupa yoga, pilates atau latihan beban. Latihan resistensi membakar kalori, meningkatkan metabolisme, membangun dan melindungi tulang, dan membantu menghilangkan lemak.

"Pilih satu latihan sehari, satu latihan berbeda setiap hari seminggu untuk bagian tubuh berbeda," sarannya.

5. Matikan gadget
Usahakan untuk bebas dari teknologi satu jam sehari. "Sinar biru dari ponsel, tablet dan laptop membahayakan kimiawi di otak, serotonin dan melatonin. Itu bakal merusak pola tidur, kebahagiaan, selera makan dan keinginan makan karbohidrat," katanya.

Ia menambahkan bunyi ponsel terus menerus akan menyebabkan masalah tiroid dan gangguan tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber People
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.