Kompas.com - 12/07/2016, 12:09 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com – "Jika saya bukan fisikawan, saya mungkin akan menjadi musisi. Saya sering berpikir sambil mendengarkan musik. Saya penuhi lamunan dengan musik. Saya melihat hidup dalam musik."

Begitulah kira-kira Albert Einstein mengungkapkan kecintaanya terhadap musik. Bahkan, dalam lamunan pun dia masih mendengarkan musik.

Sudah lama, alunan melodi dipercaya mampu membantu relaksasi dan membuat pendengarnya bahagia. Bahkan, studi terkini menyatakan musik bermanfaat pula bagi kesehatan jantung.

Institut Kardiologi Universitas Nis, Serbia, meneliti efek musik terhadap 74 penderita penyakit jantung pada 2013. Pasien dibagi dalam tiga kelompok.

Kelompok pertama hanya melakukan olahraga secara rutin. Kelompok kedua sama-sama melakukan olahraga namun diharuskan pula mendengarkan musik favorit selama 30 menit setiap hari.

Sementara itu, kelompok terakhir hanya mendengarkan musik dengan rentan waktu sama tanpa harus berolahraga. Setelah tiga minggu, apa yang terjadi?

Kapasitas dan fungsi jantung pasien pada grup pertama yang hanya mengambil kelas aerobik terbukti meningkat 29 persen. Kelompok kedua dinyatakan mengalami peningkatan paling tinggi, yaitu 39 persen, bandingkan dengan grup ketiga yang hanya 19 persen.

Tak hanya jantung. Penelitian ini juga mengukur peningkatan fungsi endotel pembuluh darah yang berhubungan dengan kemampuan vaskular.

"Saat mendengarkan musik favorit, otak memproduksi hormon endorfin yang kemudian mampu meningkatkan kesehatan vaskular (pembuluh darah)," kata Prof Delijanin Ilic yang mengepalai penelitian tersebut, dikutip telegraph.co.uk, Minggu (1/9/2013).

THINKSTOCKPHOTOS Olahraga teratur ditambah mendengarkan musik bisa membantu meningkatkan fungsi jantung.

Mendengarkan musik sendirian ditambah olahraga rutin, menurut Ilic, mampu meningkatkan fungsi endotel sehingga bisa jadi metode penyembuhan tambahan bagi pasien penderita jantung koroner.

Jenis musik

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Telegraph

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.