Kompas.com - 15/07/2016, 17:47 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Para ilmuwan baru saja menemukan sebuah cara yang dapat membuat kemampuan belajar menjadi lebih baik, yaitu mengonsumsi makanan dengan kandungan utama kayu manis.

Para peneliti di Rush University Medical Center mengatakan kesimpulan tersebut setelah mereka melakukan uji coba yang melibatkan sekelompok tikus dengan kemampuan belajar yang buruk.

Setelah tikus-tikus diberikan dosis harian kayu manis, otak tikus yang mengontrol memori menjadi lebih aktif, sehingga mereka berubah menjadi sekelompok tikus yang mudah sekali menerima pelatihan baru.

Penelitian sebelumnya menemukan, bahwa lemahnya kemampuan belajar dapat diakibatkan karena kurangnya asupan protein penting untuk memori dan belajar, yang dikenal sebagai CREB.

Namun, tikus dengan kemampuan belajar lemah menunjukkan peningkatan CREB setelah sebulan mengonsumsi kayu manis setiap hari, kata penulis studi Kalipada Pahan.

Pada dasarnya, tubuh mengubah kayu manis menjadi natrium benzoat yang mempromosikan neuron sehat.

Tikus yang dibekali kayu manis mampu menavigasi labirin setengah waktu lebih cepat ketimbang sebelumnya, meskipun pintu keluar terus berpindah di setiap tes.

"Kami telah berhasil menggunakan kayu manis untuk perubahan biokimia, seluler, dan anatomi yang terjadi dalam otak tikus," kata Pahan.

"Jika hasil ini direplikasi pada siswa dengan kemampuan belajar lemah, akan menjadi perubahan yang luar biasa."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.