Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/07/2016, 18:52 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com - Kecuali sedang hamil, periode haid seorang wanita harusnya datang setiap bulan dalam batasan 21-40 hari.

Periode haid yang tidak teratur atau bahkan berhenti sama sekali, seharusnya membuat Anda waspada dan bertanya-tanya. Ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebabnya.

Dokter kebidanan dan kandungan Alyssa Dweck, M.D., penulis buku V is for Vagina, memaparkan kemungkinan alasan mengapa periode haid Anda berakhir atau menjadi kacau-balau.


Kehilangan Berat Badan atau Latihan berlebihan

"Jika indeks massa tubuh Anda di bawah 18 atau 19, Anda mungkin akan kehilangan periode menstruasi."

Hilang atau tidak teraturnya periode menstruasi, tidak sepenuhnya bersandar pada indeks massa tubuh. Kondisi gangguan makan yang serius seperti anoreksia dan bulimia juga dapat menyebabkan haid tidak teratur atau berhenti. Begitu juga olahraga berlebihan atau di luar kemampuan Anda.

"Alam memiliki cara untuk melindungi Anda dari kemungkinan untuk hamil jika tubuh Anda berada di bawah tekanan yang ekstrim. Tubuh Anda akan mencegah terjadinya ovulasi dengan cara menurunkan produksi estrogen sehingga lapisan rahim tidak menebal di saat periode ovulasi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan Anda tidak mendapatkan menstruasi, "kata Dweck.


Stres

Sebuah peristiwa yang menakutkan dan membuat Anda tertekan dapat menyebabkan gangguan di hipotalamus. "Daerah ini adalah daerah khusus di mana banyak hormon menstruasi Anda diatur," kata Dweck.

"Hipotalamus sangat dipengaruhi oleh stres." Jadi, jika Anda sedang berhadapan dengan peristiwa besar, kematian dalam keluarga, perpisahan atau momen kehidupan lainnya yang yang membuat Anda tidak bahagia, bisa menjadi penyebab menstruasi Anda terlambat atau tidak datang sama sekali.


Ketidakseimbangan Tiroid

Kelenjar tiroid, yang terletak di leher Anda, bertugas untuk mengatur metabolisme. Tiroid juga berinteraksi dengan banyak sistem lain di dalam tubuh Anda untuk menjaga segala sesuatunya berjalan lancar.

"Jika Anda mengalami ketidakseimbangan tiroid, apakah itu hipo atau hipertiroidisme, ini dapat berefek pada periode menstruasi dan dokter akan dapat membantu Anda membereskannya," kata Dweck.


Gejala Ovarium Polikistik

PCOS adalah ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kurangnya ovulasi, sehingga kadar estrogen, progesteron dan testosteron menjadi tidak seimbang atau berubah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com