Kompas.com - 25/07/2016, 09:54 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ada alasan kuat mengapa proses belajar seharusnya dilakukan dalam suasana tenang. Dalam penelitian, anak balita lebih cepat menangkap pelajaran baru jika mereka belajar di lingkungan yang tidak berisik.

Sebaliknya, mereka kesulitan mempelajari hal baru saat berada di ruangan yang bising, misalnya ada suara dari televisi atau percakapan telepon.

Penelitian itu dilakukan pada anak-anak berusia 22 bulan sampai 30 bulan. Di laboratorium eksperimen mereka diajarkan kata-kata baru.

"Rumah modern sering dipenuhi oleh berbagai distraksi suara, misalnya dari televisi, radio, atau orang yang saling berbicara. Ini bisa memengaruhi bagaimana anak belajar kata baru di usia dini," kata Brianna McMillan, mahasiswa doktoral bidang psikologi di Universitas Wisconsin-Madison, yang melakukan penelitian ini.

Ia menyarankan agar para orangtua memperhatikan faktor ketenangan lingkungan saat berinteraksi dengan anak-anak mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.