Kompas.com - 01/08/2016, 18:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepergian penyanyi Mike Mohede menyisakan duka mendalam. Banyak yang terkejut bahkan sempat tak percaya Mike meninggal di usia muda, yaitu 32 tahun. Mike disebut meninggal karena serangan jantung.

Penyakit jantung memang bisa menyerang siapa saja, baik usia tua maupun muda. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Yoga Yunaidi pun mengingatkan pentingnya cek kesehatan rutin. Menurut Yoga, cek kesehatan tak perlu menunggu terkena penyakit atau muncul gejala.

"Kalau kita ngerasa sehat, enggak ada keturunan penyakit berat dari keluarga, tetap harus melakukan pemeriksaan rutin. Jangan menunggu jadi parah," kaya Yoga saat dihubungi Kompas.com, Senin (1/8/2016).

Menurut Yoga, cek kesehatan sangat penting dilakukan, apalagi dengan pola hidup di perkotaan yang umumnya tidak sehat.

Banyak masyarakat muda yang tidak menjaga pola makan, seperti sering makan junk food, konsumsi makanan tinggi lemak, dan gula yang berlebihan.

Buruknya, pola makan itu pun diikuti dengan kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup sedentary. Faktor risiko lainnya, yaitu kebiasaan merokok dan stres.

Yoga mengungkapkan, pemeriksaan jantung bisa dengan alat rekam Elektrokardiogram (EKG). EKG dapat mendeteksi bila ada kelainan irama jantung. Pemeriksaan EKG juga bisa melalui treadmill test (TMT).

Yoga juga mengingatkan untuk tidak menganggap sepele ketika muncul gejala penyakit jantung seperti sesak napas, pusing, pingsan, hingga keringat dingin.

Dokter spesialis penyakit dalam Ari Fahrial Syam dari RS Cipto Mangunkusumo menambahkan, banyak cek kesehatan yang bisa dilakukan untuk deteksi dini penyakit. Mulai dari cek gula darah, kadar kolesterol, asam urat, jantung, hingga tekanan darah.

"Usia di atas 40 tahun, obesitas, merokok, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserida, diabetes mellitus (DM), riwayat keluarga dengan sakit jantung, kurang olah raga rutin dan stres dianjurkan untuk segera check up," kata Ari melalui pesan tertulis kepada wartawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.