Kompas.com - 05/08/2016, 20:35 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meditasi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Pada pasien penyakit kronis, meditasi bisa membantu kesembuhan dan mempercepat pemulihan.

Praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani menjelaskan, manusia memiliki tubuh, pikiran, dan jiwa atau emosi yang saling berhubungan. Ketika pikiran stres, emosi marah, tubuh mengeluarkan hormon stres yang disebut kortisol. Sedangkan, ketika seseorang bahagia, tubuh mengeluarkan hormon endorfin.

"Penyakit itu bisa terjadi kalau kita terlalu stres," kata Amrit dalam jumpa pers pembukaan The Golden Space Indonesia di Sudirman Park, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Pikiran yang stres bisa menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga lebih mudah sakit atau memperparah penyakit. Untuk itu, tubuh, pikiran, dan jiwa seseorang harus seimbang.

Amrit mengatakan, komunikasi antara tubuh, pikiran, dan jiwa manusia pun diatur oleh sistem di tubuh, yaitu napas. Misalnya, saat panik atau marah, napas akan lebih cepat.

Nah, meditasi, yang meliputi latihan bernapas bisa membuat seseorang lebih tenang, lebih menggunakan hati dalam menjalani hidip, membangun empati hingga intuisi. Dengan meditasi, seseorang pun bisa melupakan rasa sakitnya.

Selain itu, lanjut Amrit, meditasi juga bisa membantu seseorang menghilangkan fobia. "Fobia itu berasal dari bawah alam sadar kita. Kenapa kita takut? Tapi kalau kita mengerti kenapa takut, biasanya orang sudah enggak takut lagi," jelas Amrit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.