Kompas.com - 07/08/2016, 11:56 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf Habibie angkat bicara mengenai pentingnya Air Susu Ibu (ASI). Menurut Habibie, pemberian ASI berperan dalam mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. Suami Hasri Ainun Habibie ini pun mengimbau para ibu memanfaatkan ASI sebaik mungkin untuk diberikan kepada anak.

"ASI diberikan Allah kepada manusia. Manfaatkan hal itu sesempurna sempurnanya, di mana pun Anda berada," kata Habibie dalam acara peringatan Pekan ASI Sedunia di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Sabtu (6/8/2016).

Habibie mengatakan, ASI mengandung ramuan yang tidak ditemukan pada susu lain. Pria 80 tahun itu juga mengingatkan keluarga atau masyarakat untuk bisa memberikan energi dan kekuatan kepada para ibu. Termasuk memberikan energi kepada bayi yang lahir dengan kondisi ibunya meninggal dunia.

Selain itu, lanjut Habibie, terapkanlah pola asuh dengan penuh kasih sayang. Habibie mengaku mengetahui tentang pentingnya kasih sayang ibu, termasuk memberikan ASI dari Ainun.

"Saya tidur berbaring 48 tahun dengan seorang dokter. Di sebelah saya selama 48 tahun berbaring seorang ibu. Dia pinter, berbakat, bijaksana, low profile," kata Habibie.

Habibie pun mengenang kembali saat almarhumah istrinya itu melahirkan anak pertama mereka, Ilham Akbar Habibie. Saat itu istrinya juga memberikan ASI untuk Ilham.

Meski kala itu sibuk menempuh pendidikan S3, Habibie selalu menyempatkan diri membantu Ainun saat kerepotan mengurus Ilham. Habibie mengaku, kadang membantu mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring atau mengganti popok Ilham.

Dalam hal ini, Habibie ingin mengingatkan pentingnya dukungan suami untuk menyukseskan ASI eksklusif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.