Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2016, 17:00 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Manfaat pemberian ASI akan terus dirasakan bayi sampai ia besar. Berikut beberapa kandungan ASI yang menakjubkan, seperti dipaparkan dokter laktasi Falla Adinda Pringgayuda dalam diskusi memeringati Pekan ASI Sedunia di @America, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

1. Air
Asi mengandung 87,5 persen air. Karenanya pada periode ASI eksklusif selama 6 bulan, bayi  tak perlu diberi minuman atau makanan lain, kecuali dalam kondisi medis tertentu, seperti harus minum obat. "Bayi yang cukup ASI enggak perlu tambahan air dalam suhu panas sekalipun," kata Falla.

2. Kolostrum
Kolostrum merupakan ASI yang keluar pertama kali pada 1-5 hari pascamelahirkan. Kolostrum yang berwarna kekuningan ini mengandung immunoglobulin A yang tinggi. Jadi, sangat penting menyusui sejak bayi lahir.

3. Karbohidrat
karbohidrat utama dalam ASI adalah laktosa. Laktosa berfungsi sebagai energi untuk otak.

4. Protein
Protein penting yang terkandung dalam ASI, yaitu whey dan kasein. Kandungan whey pada ASI lebih tinggi dibanding susu formula. Sementara itu, kandungan kasein lebih tinggi dibanding pada susu formula.

"Kandungan kasein yang lebih tinggi pada susu formula membuat bayi susah mencerna, jadi sembelit," ujar Falla.

Dalam ASI juga terkandung asam amino taurin yang berperan untuk pertumbuhan otak. Selain itu, terdapat nukleotida yang berfungsi untuk perkembangan usus.

5. Lemak
Kadar lemak pada ASI berfungsi untuk pertumbuhan otak. ASI kaya akan lemak omega 3 dan omega 6. ASI juga mengandung zat penting untuk otak, yaitu DHA dan ARA. ASI juga mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh yang seimbang dibanding susu sapi.

"Kalau susu sapi lebih banyak mengandung asam lemak jenuh," lanjut Falla.

6. Karnitin
Kartinin yang terkandung dalam ASI memiliki peran membantu proses pembentukan energi. Hal ini diperlukan untuk memertahankan metabolisme tubuh.

7. Vitamin dan mineral
ASI juga kaya akan vitamin dan mineral. Vitamin E berfungsi untuk ketahanan sel darah merah. Vitamin A untuk kekebalan tubuh dan pertumbuhan si kecil.

Terdapat pula vitamin yang larut dalam air seperti vitamin B, C, dan asam folat yang berfungsi untuk perkembangan otak dan daya tahan tubuh.

Untuk kandungan mineralnya, antara lain kalsium yang berfungsi untuk perkembangan tulang dan otot, serta mengandung zinc untuk membantu metabolisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com