Kompas.com - 10/08/2016, 10:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Salah satu jurus langsing yang harus kita miliki adalah memperhatikan asupan kalori agar tidak berlebih. Sayangnya, banyak pelaku diet yang pura-pura lupa sudah makan atau ngemil.

Kebiasaan mengingkari atau denial pada asupan makanan itu ternyata cukup banyak dimiliki. Dalam sebuah survei, terungkap bahwa rata-rata orang dewasa mengaku mengonsumsi 2.000 kalori setiap hari, tapi faktanya mereka mengasup hampir 3.000 kalori.

Hal itu mungkin dapat menjelaskan mengapa statistik resmi menyebutkan asupan kalori terus menurun, tapi angka obesitas tetap tinggi.

Ternyata memang banyak orang yang tidak melaporkan secara jujur makanan yang sudah mereka makan seharian. Keripik atau sepotong kue misalnya, tidak kita hitung sebagai asupan kalori. Belum lagi segelas cappucino di kedai kopi langganan yang hampir tiap hari kita beli.

Kalau sudah begitu seharusnya kita tak perlu bingung mengapa berat badan sulit turun walau merasa "hanya" makan tiga kali sehari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.