Kompas.com - 26/09/2016, 19:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Meloncat-loncat di trampolin bukan saja mengembalikan kegembiraan di masa kecil. Olahraga ini mendatangkan manfaat yang sama dengan lari tetapi tak sesulit melakukan olahraga lari. Begitu kata studi baru yang dilakukan American Council on Exercise.

Dalam studi tersebut 24 mahasiswa sehat melakukan olahraga 19 menit pada trampolin mini. Peneliti mengumpulkan detak jantung dan VO2 max mereka dan menghitung kalori yang terbakar. Mereka juga diminta mengukur rate of perceived exertion (RPE atau seberapa keras latihan yang dirasakan mereka) setiap lima menit.

Tak mengejutkan, periset menemukan, detak jantung mahasiswa selama olahraga sesuai dengan panduan American College of Sports Medicine (ACSM) untuk memerbaiki kebugaran kardiorespitori. Ditambah lagi, mereka juga membakar banyak kalori.

ACSM merekomendasikan membakar 200 sampai 300 kalori selama olahraga 30 menit untuk menurunkan atau menjaga berat badan. Hal itu setara dengan 6,7 sampai 10 kalori per menit.

Selama olahraga trampolin mini itu, pria membakar rata-rata 12,4 kalori per menit dan wanita membakar 9,4 kalori per menit. Itu tak termasuk pemanasan dan pendinginan. Menurut penelitian, hal itu setara dengan lari 9 km per jam di bidang datar atau sepeda 22 km per jam.

Hal yang lebih menarik, kalori yang terbakar sama dengan lari, tetapi RPE trampolin hanya 11,7 sedangkan untuk lari mendapatkan 13. Mengapa? "Mungkin karena trampolin ada faktor menyenangkan,  sehingga olahraga ini jadi terasa lebih mudah," kata peneliti John P. Porcari, PhD.

Di samping itu, trampolin juga memberikan latihan keseimbangan. Ditambah lagi, trampolin memberikan kesenangan melompat-lompat seperti waktu kita masih anak-anak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SHAPE

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.