Rajin Membersihkan Rumah Memperpanjang Usia Wanita

Kompas.com - 24/10/2016, 20:25 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Peneliti mengungkapkan, wanita yang rajin membersihkan lantai dan mencuci baju cenderung hidup tiga tahun lebih lama. Pria dapat bernapas lega. Pekerjaan rumah tangga seperti itu hanya berdampak kecil pada pria. Mereka lebih baik berkebun. Begitu hasil penelitian periset dari Belanda.

Tim penelitian dari University Medical Center Rotterdam menemukan bahwa wanita usia 55 tahun yang sedikit melakukan pekerjaan rumah tangga cenderung panjang umur dan merayakan ulang tahun ke-83. Tetapi, wanita yang rajin melakukan pekerjaan rumah tangga terus hidup sampai usia 86 tahun.

Manfaat panjang usia bagi pria masih belum terlihat. Usaha para pria untuk membersihkan kamar mandi hanya menambah usia satu tahun.

Tetapi pria yang berkebun dapat hidup 2,7 tahun lebih panjang. Sementara bekerja di luar rumah hanya berdampak sedikit pada wanita.

Dr Klodian Dhana, pemimpin riset ini mengatakan, perbedaan itu sebagian dapat dijelaskan fakta bahwa pria lebih sering berkebun dan wanita terlibat dalam pekerjaan rumah tangga.

Studi ini melibatkan lebih dari 7.000 pria dan wanita. Mereka ditanyai seputar gaya hidup mereka. Kemudian mereka diikuti sampai berpuluh-puluh tahun.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Daily Mail
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X