Kompas.com - 27/10/2016, 18:08 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menghindari makan camilan tinggi gula demi menurunkan berat badan, tapi perut mulai terasa lapar di sore hari? Anda bisa memilih ubi manis kukus yang kaya manfaat sehat sebagai camilan. Beriku ini tiga cara ubi manis membantu Anda menurunkan berat badan.

Memuaskan keinginan makanan manis dan asin sekaligus

Ubi jalar memiliki rasa manis dari gula alami, sekaligus rasa gurih alami khas umbi-umbian. Ini akan memuaskan keinginan Anda untuk makan camilan manis dengan gula buatan atau yang mengandung garam tinggi.

Walau mengandung sejumlah karbohidrat, ubi manis mengandung sedikit kalori, karena mengandung serat alami tumbuhan. Sehingga, dapat menjadi camilan sehat yang mengenyangkan.


Menjaga kadar gula darah

Ubi manis dengan ukuran kepalan tangan, memang mengandung karbohidrat sekitar 33 gram, tetapi ubi manis mengandung senyawa yang meningkatkan kadar adiponektin, yaitu hormon yang mengatur gula darah di dalam tubuh.

Ditambah indeks glikemik yang rendah, ubi jalar akan membantu mencegah lonjakan gula darah setelah makan. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan rendah glikemik akan berada di saluran pencernaan lebih lama, sehingga dapat membantu mengendalikan nafsu makan.

Untuk mempertahankan sifat rendah glikemik, cara pemasakan terbaik ialah dengan merebus atau mengukus, bukan memanggang dan menggorengnya. Proses memanggang, apalagi menggoreng, akan menghancurkan beberapa kandungan baik tersebut.


Sumber serat dan vitamin A

Makanan tinggi serat merupakan kunci untuk mengontrol rasa lapar. Serat juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dan satu ubi jalar ukuran sedang atau sekepalan tangan, berisi 4 gram gizi serta vitamin A.

Vitamin A sendiri akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mempromosikan kesehatan mata kulit, tulang, serta meningkatkan antioksidan anti-inflamasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber POP SUGAR

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.