Kompas.com - 07/11/2016, 19:25 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kelima masalah mulut ini umum terjadi dan nampak tak berbahaya. Namun, bila tak segera mendapat penanganan dan perawatan yang tepat, masalah ini bisa berujung serius.

“Mulut bisa menjadi jendela kesehatan tubuh secara umum, sehingga Anda tak bisa main-main bila ada gangguan pada mulut yang tak wajar atau tak kunjung usai," kata Scott Froum, D.D.S., periodontist bersertifikat di New York City.

Rekannya Sally Cram, D.D.S., dokter gigi dan juru bicara American Dental Association menambahkan, ada beberapa permasalahan mulut yang dapat menjadi indikasi adanya permasalahan yang lebih serius. Berikut 5 permasalahan yang sebaiknya segera ditangani.

1. Bau mulut yang tak kunjung usai.

Bau mulut sewajarnya akan hilang usai menggosok gigi, berkumur dengan obat kumur, ataupun makan. Namun, bila bau tak juga hilang di berbagai kesempatan, itu dapat menjadi tanda awal dari penyakit gusi, kata Dr. Cram.

Penyakit gusi kerap tak terdeteksi, karena tidak menimbulkan rasa sakit pada tahap awal, sehingga kebanyakan orang yang mengalaminya tidak menyadari hal itu sampai kerusakan gusi benar-benar parah.

Untungnya, penyakit gusi di tahap awal sangat mungkin untuk ditangani sendiri, seperti rutin menggosok gigi setelah makan, melakukan flossing setiap hari, serta, berkunjung ke dokter gigi setidaknya setahun 1-2 kali.

2. Gusi sering merah, bengkak, lalu berdarah.

Jika gusi Anda terus membengkak atau berdarah meskipun telah rutin menggosok gigi dan flossing, para ahli mengatakan ada kemungkinan kondisi itu berkaitan dengan diabetes.

Jadi, jika masalah gusi bertahan hingga satu bulan, terlebih bila Anda memerhatikan gejala diabetes lain seperti rasa haus yang ekstrim, masih lapar walau sudah makan, kelelahan, pandangan kabur, sebaiknya segera menemui dokter.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.