Kompas.com - 16/11/2016, 19:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Ngemil memang ampuh meredakan stres. Makan camilan ini merilekkan indra penciuman dan perasa sehingga tubuh kembali segar.

"Tubuh kita bakal segar kembali setelah istirahat. Saat istirahat itu kita perlu memanjakan semua indra yang kita miliki agar rileks kembali. Penciuman dan perasa juga jadi rileks kembali saat kita memanjakan diri dengan makan camilan yang harum dan enak sambil nonton tayangan di internet," ungkap psikolog Rosdiana Setyaningrum.

Kebiasaan nonton di gawai sambil ngemil itu banyak dilakukan generasi Z yang lahir di tahun 2000-an dan generasi milenial kelahiran mulai 1980-an. Camilan favorit mereka utamanya adalah keripik kentang.

Agar waktu rilek itu tak kebablasan menjadi ngemil berlebihan dan kurang gerak, Rosdiana punya saran.

"Batasi saat nonton tayangan. Gawai kita beri timer yang otomatis mematikan gawai setelah satu atau dua jam. Untuk generasi milenial, saya sarankan maksimal dua jam nonton di internet. Sedangkan generasi Z yang masih bersekolah disarankan maksimal menonton selama satu jam," katanya.

Camilan yang disiapkan untuk dimakan pun perlu dibatasi. "Jangan semua camilan yang ada dikeluarkan dan dihabiskan. Kita harus belajar mengenali tubuh dan saat tubuh terasa kenyang dan berhenti makan. Semakin baik mengenali tubuh, kita semakin mudah mengontrol berhenti makan," tambahnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.