Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Terjadi jika Rutin Minum Teh Hijau

Kompas.com - 01/12/2016, 18:05 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Pure Wow

KOMPAS.com - Teh hijau saat ini masih menjadi minuman trendi yang disukai banyak orang. Selain teh hijau, sejatinya teh jenis lain pun mengandung anti-oksidan dan anti-inflamasi.

Namun, salah satu alasan semakin banyak orang memasukkan teh hijau ke dalam menu konsumsi sehari-hari karena teh hijau menawarkan banyak manfaat sehat. Berikut ini 6 hal yang terjadi ketika rutin minum teh hijau setiap hari.

1. Lebih berenergi
Teh hijau memiliki kafein yang membakar kelebihan kalori. Artinya, teh hijau pun memberi tambahan energi, tidak malah lemas seperti sesudah minum soda.

2. Lebih rileks
Senyawa dalam teh hijau yang disebut EGCG terbukti meningkatkan perasaan tenang dan kadar stres yang menurun.

3. Memori lebih tajam
Dalam jangka pendek, satu atau dua cangkir teh hijau sehari meningkatkan konektivitas di bagian-bagian otak yang berhubungan dengan memori. Sedangkan dalam jangka panjang, teh dapat memperlambat penurunan mental serta membantu mencegah kepikunan.

4. Membantu menurunkan berat badan
Minum teh hijau sebelum olahraga tidak saja memberi tambahan asupan kafein untuk energi, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.

5. Jarang sakit
Setiap cangkir teh mengandung antioksidan peningkat kekebalan tubuh yang disebut katekin. Tambahkan perasan lemon untuk membuat katekin terserap lebih baik oleh tubuh. Perasan lemon pun meningkatkan asupan vitamin C pula.

6. Kulit makin mulus
Minum teh hijau melindungi kulit dari radikal bebas dan mengurangi kerusakan kulit karena sinar matahari. Daun teh hijau dapat pula dikompreskan ke jerawat membandel. Masker teh hijau berguna juga untuk mengurangi kelebihan minyak di wajah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com