Kompas.com - 03/12/2016, 09:54 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Menjaga agar kadar gula darah tidak tinggi merupakan hal yang penting untuk mencegah komplikasi penyakit diabetes. Sebenarnya ada cara mudah dan murah untuk mempertahankan kadar gula darah.

Berolahraga merupakan cara untuk menjaga gula darah normal, tetapi saran untuk melakukan aktivitas fisik dalam skala sedang sampai berat yang direkomendasikan untuk pasien diabetes seringkali tidak dijalankan.

Namun, studi berskala kecil menunjukkan bahwa aktivitas fisik dalam skala ringan seperti halnya berjalan kaki atau lebih sering berdiri dari duduk ternyata sudah memberi manfaat.

"Pada dasarnya setiap aktivitas fisik bisa menurunkan gula darah. Namun, pesan untuk mengurangi waktu duduk ternyata memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi untuk dilakukan dibanding regime olahraga," kata Dr.Robert Courgi, ahli endokrin dari New York.

Sebelumnya, aktivitas fisik yang disarankan adalah minimal 150 menit seminggu melakukan olahraga intensitas sedang sampai berat untuk mencegah diabetes. Namun, penelitian menyebutkan bahwa 9 dari 10 orang gagal menjalaninya.

Dalam penelitian terhadap 19 orang pasien diabetes berusia rata-rata 63 tahun disimpulkan, mereka yang menjalani program duduk lebih sedikit memiliki kadar gula darah lebih baik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber HEALTHDAY
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.