Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2016, 09:54 WIB

KOMPAS.com - Menjaga agar kadar gula darah tidak tinggi merupakan hal yang penting untuk mencegah komplikasi penyakit diabetes. Sebenarnya ada cara mudah dan murah untuk mempertahankan kadar gula darah.

Berolahraga merupakan cara untuk menjaga gula darah normal, tetapi saran untuk melakukan aktivitas fisik dalam skala sedang sampai berat yang direkomendasikan untuk pasien diabetes seringkali tidak dijalankan.

Namun, studi berskala kecil menunjukkan bahwa aktivitas fisik dalam skala ringan seperti halnya berjalan kaki atau lebih sering berdiri dari duduk ternyata sudah memberi manfaat.

"Pada dasarnya setiap aktivitas fisik bisa menurunkan gula darah. Namun, pesan untuk mengurangi waktu duduk ternyata memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi untuk dilakukan dibanding regime olahraga," kata Dr.Robert Courgi, ahli endokrin dari New York.

Sebelumnya, aktivitas fisik yang disarankan adalah minimal 150 menit seminggu melakukan olahraga intensitas sedang sampai berat untuk mencegah diabetes. Namun, penelitian menyebutkan bahwa 9 dari 10 orang gagal menjalaninya.

Dalam penelitian terhadap 19 orang pasien diabetes berusia rata-rata 63 tahun disimpulkan, mereka yang menjalani program duduk lebih sedikit memiliki kadar gula darah lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com