Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Mengingat Bahasa yang Didengarnya Saat Kecil

Kompas.com - 24/02/2017, 11:45 WIB

KOMPAS.com - Bayi ternyata masih mengingat bahasa yang didengarnya di awal-awal periode kehidupannya, meski saat dewasa mereka menggunakan bahasa lain.

Hal itu terbukti dalam penelitian terhadap orang dewasa di Belanda yang ketika bayi diadopsi dari Korea Selatan. Ternyata mereka masih ingat pelafalan kata-kata dalam bahasa Korea Selatan.

Itu sebabnya para ahli mengingatkan orangtua agar lebih sering mengajak bayinya berbicara karena mereka menyerap dan mencerna kata-kata yang didengarnya.

Penelitian mengenai topik tersebut dipimpin oleh Dr Jiyoun Choi dari Universitas Hanyang di Seoul Korea Selatan. Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa pengalaman berbahasa di awal kehidupan anak-anak yang diadopsi masih bisa diingat meski mereka mengira sudah melupakannya.

"Hasil studi ini menunjukkan, pengetahuan berbahasa diletakkan di bulan-bulan pertama kehidupan, kita bahkan bisa menampakannya kembali dengan belajar ulang," kata Choi.

Dalam studi tersebut 30 orang dewasa yang ketika kecil diadopsi dari Korea Selatan dan dibesarkan oleh keluarga Belanda diminta mengikuti kursus singkat bahasa Korea Selatan.

Bahasa Belanda dan Korea Selatan tentu sangat berbeda, namun para partisipan bisa mengucapkan bahasa tersebut dengan benar. Penilaian bahasa tersebut dilakukan oleh guru bahasa dari Korea Selatan. (The Green Parent)


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com