Kompas.com - 28/02/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Menyeruput kopi saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Kedai-kedai kopi dengan suasana yang hangat juga tak pernah sepi pengunjung. Secangkir kopi memang memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat kopi yang banyak dicari para workaholic penikmat minuman hitam ini adalah meningkatkan konsentrasi dan energi. Riset juga menunjukkan kafein dalam kopi memiliki efek positif pada memori dan proses berpikir.

Jika Anda termasuk peminum kopi, ada beberapa alasan mengapa setelah meneguk kopi kita lebih segar. Salah satunya adalah mengonsumsi minuman ini bisa meningkatkan ketahanan fisik. Risiko terkena penyakit kronik seperti diabetes juga dapat ditekan oleh kopi.

Walau begitu, kopi bukanlah minuman ajaib. Kelebihan konsumsi minuman ini dapat memicu tekanan darah tinggi, gangguan tidur, sakit kepala, dan gangguan pencernaan.

Pastikan konsumsi kafein Anda tak lebih dari 300 miligram per hari atau sekitar 2-3 cangkir. Akan lebih menyehatkan jika Anda tidak menambahkan gula ke dalam cangkir.

Ketahui apa saja tips cerdas dalam mengonsumsi kopi.

Tim Kreatif Kompas.com Tips minum kopi


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X