5 Tips Aman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes

Kompas.com - 24/04/2020, 20:00 WIB
Ilustrasi tidak makan MaleWitchIlustrasi tidak makan

KOMPAS.com - Puasa adalah kewajiban bagi umat muslim di bulan ramadhan. Namun, puasa juga bisa mendatangkan masalah kesehatan bagi mereka yang memiliki gangguan kesehatan tertentu.

Meski puasa adalah hal yang wajib bagi umat muslim, mereka yang mengalami masalah kesehatan tertentu diperbolehkan untuk tidak berpuasa, salah satunya pasien diabetes.

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan dalam menjalankan puasa. Pasalnya, puasa bisa menurunkan gula darah dalam jumlah yang cukup banyak.

Kondisi tersebut dikenal dengan sebutan hipoglikemia yang bisa menyebabkan pasien gemetar, pingsan, atau bahkan koma.

Baca juga: 7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Ketika tiba waktunya berbuka, pasien diabetes juga bisa mengalami lonjakan gula darah yang terlalu tinggi atau hiperglikemia.

Lalu, apa yang harus dilakukan penderita diabetes agar bisa berpuasa di bulan ramadhan ini?

Melansir laman virtahealth, berikut lima tips aman berpuasa bagi penderita diabetes:

1. Berkonsultasi dengan dokter

Puasa memengaruhi gula darah dan tekanan darah. Jika Anda mengonsumsi obat untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, anda memerlukan penyesuaian dalam konsumsi obat-obatan tersebut.

Penyesuaian ini harus dilakukan di bawah pengawasan dokter dan tidak bisa kita lakukan sendiri. Oleh karena itu, kita harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan puasa.

2. Pastikan tubuh tertap terhidrasi

Pastikan Anda minum cukup cairan selama sahur dan berbuka puasa. Jika cuaca panas selama bulan ramadhan, cobalah untuk tetap di tempat yang dingin dan batasi aktivitas fisik untuk meminimalkan jumlah cairan yang hilang di siang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X